Menentukan jenis logo Seorang desainer layaknya harus bisa memahami beberapa landasam tentang brand dan perusahaan, serta beberapa dasar y...

MENGANALISIS JENIS – JENIS LOGO

 Menentukan jenis logo

Seorang desainer layaknya harus bisa memahami beberapa landasam tentang brand dan perusahaan, serta beberapa dasar yang dapat mewakilinya. Terdapat banyak jenis logo yang bisa disesuaikan tergantung dengan  kebutuhan dan keinginan. Berikut jenis-jenis logo yang harus kamu ketahui:

Wordmark

Adalah jenis logo yang langsung fokus pada nama brand atau perusahaan. Logo ini biasanya berupa tulisan dan sangat efektif jika nama perusahaannya ringkas dan tidak terlalu panjang. Karena fokus logo ini terletak pada nama bisnis dan perusahaanmu maka gunakan font yang sesuai dengan karakter, misalkan untuk logo merk fashion umumnya menggunakan font yang elegant, clean dan juga berkelas.

Letter Mark ( Logo Monogram)


Logo jenis ini menggunakan inisial dari brand dan perusahaan, dengan hanya menggunakan 2 sampai dengan 4 huruf, orang-orang bisa langsung mengenali dengan mudah logo dan merk tersebut. Esensi dari logo ini adalah kesederhanaan. Jika kamu berniat untuk membuat logo jenis ini, kamu juga harus lebih memperhatikan jenis font yang akan kamu gunakan.

Pictorial Mark / Logo Simbol

Logo yang satu ini berbeda dari yang sebelumnya.  Berbasis photo atau grafis jenis logo ini juga biasa disebut dengan istilah simbol. Kamu harus memikirkan gambar dan bentuk apa yang kiranya bisa sesuai untuk menggambarkan merk dan perusahaan.

Kamu juga harus mempunyai ide yang bersifat consist dan on point, karena tidak mudah untuk membuat apalagi mengubah suatu logo sebab akan membingungkan konsumen/pelanggan.

Abstrak

Logo abstrak adalah jenis logo dengan bentuk geometris abstrak yang mewakili bisnis Anda. Beberapa contoh terkenal termasuk logo BP starburst, lingkaran terbagi Pepsi dan bunga strip Adidas. Seperti logo simbol, logo abstrak berfungsi sangat baik karena merekatkan merek Anda menjadi satu gambar. Namun, alih-alih dibatasi pada gambar sesuatu yang dikenali, logo abstrak memungkinkan Anda membuat sesuatu yang benar-benar unik untuk mewakili merek Anda.

Manfaat dari logo abstrak adalah bahwa Anda dapat menyampaikan apa yang perusahaan Anda lakukan secara simbolis, tanpa bergantung pada makna dari gambar tertentu. Melalui warna dan bentuk, Anda dapat menghubungkan makna dan menumbuhkan emosi di sekitar merek Anda. (Sebagai contoh, pikirkan tentang bagaimana swoosh Nike menyiratkan gerakan dan kebebasan).

Character / Maskot


Logo maskot adalah logo yang melibatkan karakter bergambar. Seringkali penuh warna, kadang-kadang kartun, dan paling selalu menyenangkan, logo maskot adalah cara yang bagus untuk membuat juru bicara karakter merek Anda sendiri.

Maskot hanyalah karakter bergambar yang mewakili perusahaan Anda. Anggap mereka sebagai duta bisnis Anda. Maskot terkenal termasuk Kool-Aid Man, Kolonel KFC dan Mr. Peanut Planter. Maskot sangat bagus untuk perusahaan yang ingin menciptakan suasana yang sehat dengan menarik keluarga dan anak-anak. Pikirkan semua maskot itu di acara-acara olahraga dan dinamika hebat yang mereka ciptakan dengan melibatkan diri dengan audiens!

Kapan harus menggunakan logo gambar dan simbol:

  • Logo gambar efektif jika Anda sudah memiliki merek yang cukup dikenal. Anda dapat menggunakan Logo gambar untuk menyampaikan apa yang bisnis Anda lakukan secara grafis jika nama Anda terlalu panjang, dan mereka juga dapat digunakan secara efektif untuk menyampaikan ide atau emosi yang diinginkan.
  • Logo gambar dan abstrak juga berfungsi dengan baik untuk perdagangan global jika, misalnya, nama bisnis sulit diterjemahkan.
  • Namun, Logo gambar mungkin bukan ide yang bagus jika Anda mengantisipasi perubahan pada model bisnis Anda di masa depan. Anda mungkin mulai menjual pizza dan menggunakan pizza di logo Anda, tetapi apa yang terjadi ketika Anda mulai menjual sandwich atau burger, atau bahkan memproduksi?
  • Logo abstrak memungkinkan Anda untuk membuat gambar yang benar-benar unik untuk bisnis Anda, tetapi sebaiknya diserahkan kepada para profesional desain yang memahami bagaimana warna, bentuk, dan struktur bergabung untuk menciptakan makna.
  • Pikirkan tentang logo maskot jika Anda mencoba menarik anak-anak atau keluarga. Salah satu manfaat logo maskot adalah dapat mendorong interaksi pelanggan sehingga dapat meningkatkan pemasaran online maupun offline. Maksudku, siapa yang tidak ingin berfoto selfie dengan Android?
  • Ingat bahwa maskot hanya satu bagian dari logo dan merek yang sukses, dan Anda mungkin tidak dapat menggunakannya di semua materi pemasaran Anda. Misalnya, ilustrasi yang sangat terperinci mungkin tidak dapat dicetak dengan jelas pada kartu nama. Untuk kasus ini mungkin dapat mempertimbangkan penggunaan logo kombinasi, berikut detailnya:
Logo Kombinasi
Penggabungan antara workmark/lettermark dengan simbol, abstrak atau mascot. Gambar dan teks bisa disatukan, ditumpuk atau terintegrasi satu sama lain untuk menciptakan sebuah logo. Dengan menggunakan jenis logo ini konsumen akan dengan mudah mengenali merk bisnismu karena perpaduan menarik yang ada.

Emblem Logo / Lambang

Logo lambang terdiri dari tulisan di dalam simbol atau ikon; bayangkan lencana, segel dan emblem. Logo-logo ini cenderung bergaya tradisional tentang mereka yang dapat membuat dampak yang massive, sehingga sering menjadi pilihan utama bagi banyak sekolah, organisasi atau lembaga pemerintah. Industri mobil juga sangat menyukai logo lambang. Walaupun mereka memiliki gaya klasik, beberapa perusahaan secara efektif memodernisasi tampilan lambang tradisional dengan desain logo yang cocok untuk abad ke-21 (pikirkan lambang putri duyung ikonik Starbucks, atau lambang terkenal Harley-Davidson).

Logo lambang cenderung memiliki detail yang rumit sehingga kurang fleksibel dibandingkan jenis logo lainnya. Desain lambang yang rumit tidak akan mudah ditiru oleh merek lain. Untuk kartu nama, lambang yang rumit ini dapat menyusut sangat kecil sehingga menjadi terlalu sulit untuk dibaca. Juga, jika Anda berencana menyulam logo jenis ini pada topi atau kemeja, maka Anda benar-benar harus membuat desain yang sederhana atau tidak mungkin dilakukan.

Kapan menggunakan logo kombinasi atau logo lambang:

  • Logo kombinasi adalah pilihan tepat untuk hampir semua bisnis di luar sana. Ini fleksibel, biasanya sangat unik, dan pilihan logo paling populer di kalangan perusahaan terkemuka.
  • Penampilan logo lambang tradisional mungkin disukai oleh banyak agensi publik dan sekolah tetapi juga dapat melayani bisnis swasta yang sedang naik daun dengan cukup baik, terutama yang ada di industri makanan dan minuman: label bir dan cangkir kopi (Starbucks!) . Tapi ingat untuk tidak membuatnya terlalu detail sehingga dapat dicetak dengan rapih di semua materi pemasaran Anda.

0 comments: