Animasi, atau yang biasa kita sebut kartun, adalah media penyampaian informasi populer di media massa. Dari yang hanya dibuat untuk sekada...

Menerapkan teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D

 

Animasi, atau yang biasa kita sebut kartun, adalah media penyampaian informasi populer di media massa. Dari yang hanya dibuat untuk sekadar lucu-lucuan, sampai yang sekelas film Box-Office. Mungkin beberapa dari kalian ada yang bercita- menjadi animator suatu hari nanti. Kali ini, kita akan membahas tentang teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D.

Berikut indeks step-by-step yang akan kita pelajari:

  • Menggambar dan menyiapkan kartun
  • Menyiapkan komposisi kartun
  • Menggerakkan/memberi animasi pada kartun
  • Mengekspor kartun ke dalam bentuk video

1. Merencanakan sebelum berbuat

Rencanakan dulu, mau buat animasi apa? Ceritanya apa? Tokohnya siapa dan seperti apa? Setting-nya kapan dan di mana?

Tapi karena kali ini kita akan membahas teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D. — “orang melambaikan tangan”. Nanti, di pertemuan selanjutnya kita bisa merencanakan animasi yang lebih rumit dan lebih detail.

2. Menggambar dan menyiapkan kartun

Kita mulai dengan langkah dasar: Menggambar. Kita mulai dengan membuka Adobe Illustator.

Kenapa harus memakai Illustrator?

Karena di dalam aplikasi tersebut kita bisa menggunakan sistem layer. Dengan layer, kita bisa membuat gambar terkelompok dalam bagian lapisan-lapisan(layer), yang nantinya membuat kita bisa menggerakkan satu-persatu bagian lapisan tersebut.

Baik, mari kita buka Adobe Illustrator kita. Buka File > New… , atau tekan shortcut Ctrl + N.


Pilih ukuran proyek yang akan kita buat. untuk ukuran projeknya di bebaskan, saya sarankan pilih ukuran A3. Namai juga agar tidak lupa. Untuk opsi lainnya, bisa disamakan dengan screenshot di atas. Lalu klik “Ok”.



Di bagian layers, ternyata sudah ada satu layer. Kita akan menggambar kepala di layer ini, jadi kita namakan ulang Layer 1 menjadi “Kepala”.

Kenapa di buat per-layer?

Karena dengan dibuat per-layer, kita nantinya di After Effects dapat membedakan dan memilih bagian badan mana saja yang akan digerakkan nantinya.

Dan mulailah menggambar kepala! Saya tidak akan menginstruksikan bagaimana cara menggambar kepala. Anda bisa mengeksplorasi kreatifitas anda masing-masing.

Berikut ini gambar kepala yang saya buat,


Sekarang kita buat layer baru untuk menggambar leher dan bagian-bagian tubuh lainnya.

Ingat: selalu membuat layer baru ketika ingin menggambar bagian tubuh lainnya. Ini akan membantu kita nantinya untuk menggerakkan gambar bagian-bagian tubuh itu satu persatu menjadi animasi

Lalu kita gambar badan. Di daftar Layers, klik tombol “Create New Layer” untuk buat layer baru. Jangan lupa namai ulang menjadi “Badan”, agar lebih mudah pengelompokannya.


Mulailah menggambar sesuai kreatifitas anda!

Berikut hasil gambar yang saya buat,


Dan kalau badannya digabung…


Lalu kita buat tangan. Khusus pada bagian ini, kita butuh teknik khusus.

Buat layer baru bernama “lengan tangan kanan atas”. Lalu gambarlah lengan tangan dari pundak hingga siku.

Setelah itu, buat layer baru dengan nama “Lengan bawah kanan”. Gambarlah lengan kanan dari siku hingga telapak tangan.

Berikut hasilnya,

Gabungkan tangan dan lengan dengan badan. 


Selesai. Saatnya kita lanjutkan ke bagian menganimasikannya dalam Adobe After Effects.

3. Menyiapkan project After Effects

Selesai kita menggunakan Adobe Illustrator, simpan pekerjaan kita(ctrl + s). Simpan di folder khusus, namai sesuka anda. Kemudian buka Adobe After Effects.

Buka Composition > New Composition, untuk membuat komposisi baru.


Pilih resolusi yang anda inginkan. Disini saya memilih 1920 x 1080 untuk kualitas yang Full HD. Jika anda mempunyai komputer dengan spesifikasi yang kurang baik, pilih 1280 x 720 itu sudah cukup bagus. Set frame per second pada 30 fps. Namai juga komposisi anda sesuai keinginan.

Klik OK.

After Effect akan menampilkan layar komposisi berwarna hitam. Di layar komposisi tersebut adalah tempat menggerakkan karakter anda.

Cari file simpanan hasil pekerjaan anda. Di After Effects, buka File > Import > File(atau ctrl + i), atau cukup drag and drop file tadi ke panel project.


Maka akan muncul apa yang telah kita buat. Sekarang lihat bagian “Project”.  Double-klik pada komposisi yang kita buat tadi.


Lalu seret dan letakan file yang kita import tadi ke sini..di bagian pojok kiri bawah


Hasilnya seperti ini,


Mungkin kartun anda akan terlihat kecil di layar. Anda bisa membesarkan gambar tersebut dengan mengklik gambar, dan besarkan dengan mengklik dan menggerakkan ujung gambar sambil menekan tombol shift agar gambar anda tidak meregang.

Mungkin anda akan mengeluh, “kok background-nya gelap?”. Mari kita tambahkan background, dengan membuat layer “Solid”.

Klik kanan pada komposisi di panel pojok kanan bawah tadi,  New > Solid…


Klik pada kotak hitam yang ditunjuk, untuk mengganti warna.

Pilih warna yang anda sukai, dan klik OK. Klik OK lagi untuk membuat solid.

Jangan lupa seret dan pindahkan file pekerjaan kita tadi ke atas solid yang kita buat tadi agar tidak menutupi hasil pekerjaan kita, dan bekerja sebagai background(latar belakang).


Jadi akan terlihat seperti ini,


4. Memberi gerakan/animasi pada kartun

Karena kita sudah menggambar kartun secara terpisah-pisah — tangan, kepala, badan dsb. , kita bisa gerakkan satu-persatu sesuai dengan keinginan kita.

Lihat di panel pojok kiri bawah. Klik dua kali file kartun kita.


Baik, sekarang kita coba gerakkan lengan atas. Klik “Lengan kanan atas” pada panel pojok kiri bawah.


Seperti yang kita lihat, ketika kita memilih lengan kanan atas laya komposisi akan menampilkan bagian kartun mana yang dipilih — dengan menampilkan kotak-kotak kecil. Di tengah kotak-kotak kecil tersebut, ada sebuah lingkaran kecil,


Itu adalah poros rotasi(anchor point) dari file kita. Karena nantinya kita akan menggerakkan lengan, kita harus menempatkan poros rotasi tersebut di pundak — agar bisa bergerak seperti lengan biasa.

Di pojok kanan paling atas, ada panel peralatan(tool). Klik “Pan behind anchor point”.


Klik dan tekan anchor point. Seret dan gerakkan anchor point tersebut ke pundak. Hasilnya akan menjadi seperti ini,


Jadi nantinya ketika digerakkan, pundak akan menjadi poros dan tidak akan bergerak. Terapkan teknik di atas untuk objek lainnya juga, ya!

Mari kita mencoba menambahkan gerakan.

Di panel pojok kiri bawah, di sebelah kiri nama layer ada tombol segitiga kecil. Klik tombol itu untuk memunculkan opsi lanjutan.


Mari kita bahas satu persatu, berikut opsi-opsi yang akan kita gunakan,

  • Position: Untuk mengganti posisi objek di komposisi. Anda bisa mengubahnya dengan menambah/mengurangi angka yang ada, atau cukup dengan menggerakkan objek dengan mouse.
  • Rotation: Untuk mengubah rotasi objek. Cara mengubahnya sama persis dengan di atas.
  • Ikon jam kecil(keyframe): untuk menentukan titik awal dan titik akhir perubahan gerakan

Oke, kita mulai dengan mengubah rotasi lengan atas kanan.

Kita mulai dengan mengatur titik awal gerakan lengan atas. klik tombol jam kecil di samping “rotation” dan gerakkan lengan ke posisi yang diinginkan. Posisi ini nantinya akan menjadi titik gerakan pertama animasi anda.

Ketika menekan tombol tersebut, akan muncul titik kecil di panel timeline, di detik ke-0.


dan berikut posisi awal lengan kanan atas,


Sudah? Mari kita geser indikator waktu(berwarna kuning) kita beberapa detik ke depan. Katakanlah sampai detik ke 3.


Lalu kita buat titik keyframe lagi. Klik tombol keyframe di sebelah kiri tombol jam kecil.


Lalu ganti posisi lengan atas kanan dengan posisi yang berbeda.

Berikut ini titik awal dan titik akhir gerakan lengan yang telah dibuat.



Coba tekan tombol spasi untuk melihat preview kartun anda. Lengan atas akan perlahan-lahan bergerak dari titik awal menuju ke titik akhir gerakan.

Baik, sekarang anda sudah mengetahui dasar pembuatan animasi di After Effects. selanjutnya coba gerakkan bagian tubuh karakter anda yang lainnya.

Berikut hasil pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D, dengan teknik kita pelajari di pertemuan ini. silahkan putar video di bawah ini.







0 comments: